Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Puspitarini, Nia Widyawati Fitri (2022) Pengembangan Picture storybook Materi Masa Penjajahan Belanda di Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Sejarah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nia widyawati fitri puspitarini_17712251077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media picture storybook masa penjajahan Belanda di Indonesia yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep untuk siswa kelas V SD, (2) mengetahui efektivitas media media picture storybook masa penjajahan Belanda di Indonesia yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri atas 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk II, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Subjek pada penelitian ini adalah para siswa dan guru kelas V sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan skala. Analisis data menggunakan skor N-gain, uji t dan MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media picture storybook masa penjajahan Belanda di Indonesia layak digunakan setelah memperoleh validasi ahli dan uji coba di sekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor sebesar 87 dengan kategori “Sangat Layak” dan aspek materi mendapatkan skor sebesar 78 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil skala respon media oleh guru dan siswa mendapatkan skor sebesar 92 dengan kategori “Sangat Baik” untuk respon guru dan 67,9 untuk respon siswa. Picture storybook masa penjajahan Belanda di Indonesia yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep sejarah siswa kelas V sekolah dasar. Hasil uji lapangan operasional menunjukkan taraf signifikansi 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep sejarah siswa kelas V sekolah dasar pada pembelajaran IPS antara siswa yang diajar menggunakan media picture storybook dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan media picture storybook. Hasil analisis skor N-Gain menunjukan bahwa skor N-gain motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: picture storybook, motivasi belajar, pemahaman konsep sejarah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:43
Last Modified: 08 Dec 2022 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75607

Actions (login required)

View Item View Item