Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar.

NAWANGSARI, NADA SAVITRI (2022) Pengembangan Media “Rajasia” untuk Meningkatkan Epistemic Curiosity Siswa pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nada savitri nawangsari_20712251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) mengetahui kelayakan media “Rajasia” untuk meningkatkan epistemic curiosity pada siswa kelas IV SD, 2) mengetahui kepraktisan media “Rajasia” untuk meningkatkan epistemic curiosity siswa kelas IV SD, serta 3) menguji keefektifan media “Rajasia” dalam meningkatkan epistemic curiosity siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan dilakukan di 6 kelas dari 5 sekolah dasar yang berada di kawasan Gugus II Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini berpedoman pada 5 langkah pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Penelitian melalui tiga proses uji coba dengan subjek 12 siswa dan 1 guru pada uji kelompok, 27siswa dan 1 guru pada uji lapangan, dan 55 siswa pada uji operasional dengan terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan skala penilaian. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dan observasi saat studi pendahuluan serta berbagai masukan dalam proses uji kelayakan dan uji keefektifan. Data kuantitatif didapatkan dari skala penilaian ahli, skala respon pengguna, dan skala penilaian diri. Skala ahli materi dan media serta skala respon dari guru dan siswa digunakan untuk mengetahui kelayakan media “Rajasia” yang dianalisis dengan konversi skor dalam 4 kategori. Adapun keefektifan media “Rajasia” dalam meningkatkan epistemic curiosity dianalisis menggunakan analisis non-parametrik Wicoxon dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 1) media “Rajasia” telah memenuhi kriteria berdasarkan hasil validasi materi dari 2 validator dengan rata-rata skor 3,3 dan 3,7 kategori “Sangat Layak”, hasil validasi media dari 2 validator dengan rata-rata skor 3,6 dan 3,9 kategori “Sangat Layak”, 2) media “Rajasia” memeroleh rerata skor kepraktisan berdasar respon guru pada uji kelompok dan lapangan masing-masing 3,84 dan 3,36 kategori “Sangat Baik”, serta respon siswa masing-masing 3,27 dan 3,75 kategori “Sangat Baik”, dan 3) media “Rajasia” dinyatakan efektif untuk meningkatkan epistemic curiosity siswa kelas IV. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa media “Rajasia” efektif meningkatkan epistemic curiosity siswa kelas IV secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p≤0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media “Rajasia”, sejarah kerajaan Indonesia, epistemic curiosity
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:51
Last Modified: 07 Dec 2022 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75585

Actions (login required)

View Item View Item