SAMSUDIN, EKA NUR (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas IV SD Segugus III Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_eka nur samsudin_20712251006.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan proses, 2) pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif IPA, 3) pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas IV SD se-gugus III Godean Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-gugus III Kecamatan Godean Kabupaten Sleman pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari populasi yang ada diambil 3 kelas secara random sebagai sampel. Dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model Problem Based Learning dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Kelas yang diperoleh adalah kelas IV SD Negeri Godean 2 (eksperimen 1), kelas IV SD Muhammadiyah Sangonan IV (eksperimen 2), dan kelas IV SD Negeri Godean 1 (kontrol). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan soal tes. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas secara multivariate menggunakan uji Box’s M dan secara univariate menggunakan Levene’s. Data dianalisis dengan independent t-test, uji MANOVA Hotelling’s T 2 , dan dilanjutkan dengan uji kriteria Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model Problem Based Learning berpengaruh positif signifikan terhadap keterampilan proses dengan nilai signifikansi 0,00 (independent t-test dengan taraf signifikansi 0,025). 2) model Problem Based Learning berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar kognitif IPA dengan nilai signifikansi 0,00 (independent t-test dengan taraf signifikansi 0,025). 3) model Problem Based Learning berpengaruh positif signifikan terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif IPA dengan nilai signifikansi 0,00 (MANOVA Hotelling’s T 2 dengan taraf signifikansi 0,05). Keterampilan proses dan hasil belajar kognitif IPA di kelas eksperimen 1 dan 2 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (uji Bonferroni pada taraf signifikansi 0,05). Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh positif signifikan terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas IV SD se-gugus III Godean Sleman.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, keterampilan proses, hasil belajar kognitif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 08:06 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 08:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75577 |
Actions (login required)
View Item |