Pengaruh Tipe Dua Tinggal Dua Tamu dan Berpikir Berpasangan Berbagi terhadap Motivasi belajar dan Sikap Kerja Sama Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus V Sentolo

Ulin Nuskhi Muti’ah, Ulin Nuskhi Muti’ah (2022) Pengaruh Tipe Dua Tinggal Dua Tamu dan Berpikir Berpasangan Berbagi terhadap Motivasi belajar dan Sikap Kerja Sama Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus V Sentolo. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ulin nuskhi mutiah_18712251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tipe pembelajaran two stay two stray terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo, (2) pengaruh tipe pembelajaran think pair sahre terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo, (3) perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang menerapkan tipe pembelajaran two stay two stray dan think pair share, (4) pengaruh tipe pembelajaran two stay two stray terhadap sikap kerja sama siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo, (5) pengaruh tipe think pair share terhadap sikap kerjasama siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo, (6) perbedaan sikap kerja sama siswa antara kelas yang menerapkan tipe pembelajaran two stay two stray dan think pair share Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian merupakan siswa kelas 5 dari dua sekolah dasar, yaitu kelas V SD N Pergiwatu sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas V A SD N Srikayangan sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data menggunakan skala yang telah diuji validittas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sampel t-test, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan tipe pembelajaran TSTS terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo dengan nilai thitung 7,435 dan sig. 0,000<0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan tipe pembelajaran TPS terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo dengan nilai thitung 6, 436 dan sig. 0,000<0,05; (3) tidak terdapat perbedaan yang positif dan signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelas yang menerapkan tipe pembelajaran TSTS dan TPS dengan nilai thitung 0,019 dan sig. 0,985>0,05; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan tipe pembelajaran TSTS terhadap sikap kerja sama siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo dengan nilai thitung 14,812 dan sig. 0,000<0,05; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan tipe pembelajaran TPS terhadap sikap kerja sama siswa kelas V sekolah dasar di gugus V Sentolo dengan nilai thitung 8,834 dan sig. 0,000<0,05; (6) tidak terdapat perbedaan yang positif dan signifikan pada sikap kerja sama siswa antara kelas yang menerapkan tipe pembelajaran TSTS dan TPS dengan nilai thitung 0,240 dan sig. 0,812>0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Think Pair Share, motivasi belajar, dan sikap kerja sama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:49
Last Modified: 06 Dec 2022 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75530

Actions (login required)

View Item View Item