Pengembangan E-modul RME Pada Materi FPB dan KPK Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

SETYANINGSIH, RENI (2022) Pengembangan E-modul RME Pada Materi FPB dan KPK Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_reni setyaningsih_19712251052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Di abad 21 ini manusia tidak terlepas dari teknologi. Teknologi yang berkembang pesat menuntut manusia untuk beradaptasi dengan segala perubahan. Tujuan penelitian ini yaitu guna menghasilkan dan mengetahui kualitas e-modul RME pada materi FPB dan KPK. Penelitian ini berfokus guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat belajar siswa. Kualitas yang dinilai meliputi valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 77 siswa SD. Instrumen yang dipergunakan adalah lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Lembar penilaian guru dan siswa, tes keterampilan berpikir kritis serta angkat minat belajar siswa. E-modul RME dikatakan efektif apabila 1) ada peningkatan signifikan ratarata skor keterampilan berpikir kritis dan minat belajar siswa, 2) ada peningkatan proporsi keterampilan berpikir kritis dan minat belajar siswa dengan kategori minimal baik. Untuk menguji peningkatan rata-rata digunakan uji Hotelling T2 dilanjutkna uji poshoc serta untuk menguji proporsi menggunakan uji z. Hasil penelitian kevalidan menunjukkan skor dari ahli materi adalah 86,9% serta dari hali media adalah 95,60%. Hasil penilaian kepraktisan pertama dari guru memperoleh skor 88,75% untuk yang kedua 89,58% sedangkan dari siswa memperoleh skor 89,1% untuk yang pertama serta 90,31% untuk yang kedua. Hasil penilaian keefektifan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor keterampilan berpikir kritis dan minat belajar siswa. Hasil uji Hotelling T2 didapatkan nilai signifikansi 0,000 sehingga menunjukkan adanya perbedaan ratarata skor keterampilan berpikir kritis dan minat belajar siswa sebelum dan setelah memakai e-modul RME. Hasil uji poshoc menunjukkan nilai signifikansi 0,000 sehingga rata-rata postes lebih tinggi daripada pretes. Pengujian juga menunjukkan adanya peningkatan proporsi karena uji z pada keterampilan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikansi 0,272 sehingga dapat dikatakan proporsi siswa yang memenuhi kriteria keterampilan berpikir kritis minimal baik lebih dari 70%. Pada minat belajar siswa menunjukkan nilia signifikansi 0,079 yang menunjukkan proporsi siswa yang memenuhi kriteria minat belajar siswa minimal baik lebih dari 70%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-modul, RME, keterampilan berpikir kritis, minat belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:34
Last Modified: 06 Dec 2022 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75524

Actions (login required)

View Item View Item