HASTUTI, WORO SRI (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBENCANAAN ERUPSI GUNUNG API BAGI SISWA SD. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_woro sri hastuti_18706261003.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) menemukan model pembelajaran kebencanaan erupsi gunung api untuk siswa-siswa SD saat ini, (2) menghasilkan model pembelajaran kebencanaan erupsi gunung api berbasis experiential learning and nested integration (ELNI) yang layak untuk siswa SD, (3) menguji keefektifan model, dan (4) mengungkapkan tingkat kepraktisan model pembelajaran kebencanan erupsi gunung api berbasis ELNI untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran di SD. Penelitian dilakukan melalui prosedur Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 10 tahapan. Validasi kelayakan produk dilakukan oleh dua validator ahli pembelajaran, dua validator ahli materi, dan satu praktisi pengembang kurikulum Kemendikbudristek dengan bidang keahlian pembelajaran IPA. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli evaluasi dan diuji secara empirik menggunakan Aiken. Ujicoba terbatas dilakukan kepada 12 siswa kelas 4 SDN Cegokan Bantul dan pengujian lebih luas kepada 20 siswa SDN Bintaran Bantul. Keefektifan produk dilakukan melalui penelitian one group pretest and posttest design dengan sampel berjumlah 13 siswa kelas 4 SDIT Assalam Bantul. Kepraktisan produk diungkap melalui skala pengukuran kepada delapan siswa SD yang tersebar di DIY. Kemudian data dianalisis secara deskriptif, kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Penelitian dan pengembangan ini telah: (1) menemukan beberapa model pembelajaran kebencanaan erupsi gunung api di SD saat ini yaitu: (a) materi kebencanaan diintegrasikan dalam kurikulum sekolah sebagai muatan lokal, (b) materi kebencanaan (evakuasi) diberikan sebagai bagian kegiatan ekstra kurikuler, (c) materi kebencanaan diintegrasikan dengan mata pelajaran sains dan teknologi; (2) menghasilkan model pembelajaran kebencanaan erupsi gunung api berbasis ELNI yang layak untuk siswa SD melalui prosedur Borg and Gall dengan langkah awal melakukan penelitian survei kepada guru-guru di wilayah terdampak erupsi gunung api dan studi literatur. Model menggunakan judul Model Pembelajaran Erupsi Gunung Api Terintegrasi Mata Pelajaran IPA (EGATIPA) dengan sintaks diakronim SIAGA: Siap Membangun Konteks Kebencanaan, Ijinkan Berefleksi, Ayo Kumpulkan Informasi, Gegas Berefleksi Kembali, dan Ayo Komunikasikan. Kelayakan model menurut para ahli sangat layak, dan perangkat implementasi model sangat layak untuk buku guru dan buku siswa; (3) memperoleh hasil uji keefektifan bahwa model pembelajaran kebencanaan EGATIPA berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa mengenai materi kebencanaan dan mitigasi; (4) menghasilkan model pembelajaran EGATIPA yang dinyatakan praktis baik oleh siswa maupun guru.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, Pembelajaran, Kebencanaan, Gunung Api, SD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 05:39 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 05:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75511 |
Actions (login required)
View Item |