PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MISTAR WAKTU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-GUGUS PANDAK

PURWANINGSIH, WAHYU (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MISTAR WAKTU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-GUGUS PANDAK. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_wahyu purwaningsih_19712251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak ditinjau dari hasil validasi oleh ahli; (2) mengetahui kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif mistar waktu terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada kelas III sekolah dasar ditinjau dari respon guru dan respon siswa; (3) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif mistar waktu terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada kelas III sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model dari Borg & Gall (1983). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas tiga di Sekolah Dasar se-Gugus Kecamatan Pandak, Bantul. Jumlah subjek pada uji coba lapangan awal sebanyak 15 siswa, subjek pada uji coba lapangan utama terdiri dari 34 siswa, dan subjek penelitian pada uji coba lapangan operasional sebanyak 70 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan wawancara analisis kebutuhan, skala penilaian ahli, angket respon guru, angket minat belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep. Analisis data yang digunakan yaitu uji N gain, independent samples t-test, paired samples t-test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Produk dalam penelitian ini yaitu berupa multimedia pembelajaran interaktif mistar waktu untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas III SD yang telah memenuhi kriteria layak digunakan berdasarkan hasil dari ahli media dan ahli materi dan hasil angket respon siswa dan guru; (2) hasil dari uji n gain menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada kelas III SD; hasil dari uji independent samples t-test, paired samples t-test, dan uji MANOVA didapatkan nilai signifikansi < 0,05; multimedia pembelajaran interaktif mistar waktu efektif terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, mistar waktu, pemahaman konsep, minat belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 05:04
Last Modified: 06 Dec 2022 05:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75507

Actions (login required)

View Item View Item