Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Platform Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bilangan Bulat Mahasiswa Universitas Negeri Manado.

RISTI MAKAWAWA, JUNITA (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Platform Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bilangan Bulat Mahasiswa Universitas Negeri Manado. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_junita cristi makawawa_19712251065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif berbantu platform edmodo yang ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan dan keefektifan multimedia interaktif dalam meningatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan pada model ini yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini yaitu 68 mahasiswa yang mengampu mata kuliah pembelajaran matematika SD di semester V pada program studi pendidikan guru sekolah dasar, fakultas ilmu pendidikan di universitas negeri manado. Kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-F sebagai kelas ekperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi oleh ahli, lembar penilaian produk dari dosen pengampu mata kuliah pembelajaran matematika SD dan mahasiswa, tes hasil belajar, dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif berbantu platform edmodo dinyatakan valid dengan rata-rata hasil penilaian ahli memenuhi kriteria sangat tinggi berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, materi dan instrumen. Pada analisis kepraktisan produk dinyatakan sangat praktis dan telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil angket respon dosen dan mahasiswa, dimana materi mudah dipahami, media pembelajaran sangat mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Produk multimedia interaktif berbantu platform edmodo dinyatakan efektif mengacu pada Nieveen. Keefektifan produk dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji independent ttest N-gain score. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil uji t N-gain score menunjukkan produk multimedia interaktif berbantu platform edmodo terhadap data motivasi dan hasil belajar memperoleh taraf signifikansi lebih besar dari a = 0,05. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif berbantu platform Edmodo secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa dan dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, edmodo, motivasi belajar, hasil belajar, bilangan bulat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:00
Last Modified: 06 Dec 2022 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75487

Actions (login required)

View Item View Item