PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATEMATIKA

KUSUMAWATI, LILIS DIAH (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATEMATIKA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lilis diah kusumawati_17712251060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IV SD; (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction dalam menstimulasi kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika kelas IV SD. Metode penelitian menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan produk dengan lima tahap, 1) analisis; 2) perancangan; 3) pengembangan; 4) implementasi; dan 5) evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di SDN Rejowinangun 1. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan siswa, angket motivasi belajar, dan tes berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, uji independent sample t-test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dengan kategori layak, serta validasi ahli materi, respon guru, dan respon siswa dengan kategori sangat layak; (2) multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika kelas IV SD secara signifikan berdasarkan uji independent sample t-test dan uji MANOVA dengan dengan nilai sig. 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, direct instruction, kemampuan berpikir kreatif, motivasi belajar, matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 00:55
Last Modified: 06 Dec 2022 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75473

Actions (login required)

View Item View Item