PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR & KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nurharyanto, Dwi Widyastuti (2021) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR & KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dwi widyastuti nurharyanto_18712251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap prestasi belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar, 2. pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Kelas V Sekolah Dasar, 3. pengaruh pendekatan Problem Solving terhadap prestasi belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar, 4. pengaruh pendekatan Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Kelas V Sekolah Dasar, 5. Perbedaan pengaruh Problem Posing dan Problem Solving terhadap Prestasi Belajar, 6. Perbedaan pengaruh Problem Posing dan Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Dua kelas eksperimen yaitu SDN Madusari I dengan pendekatan problem posing dan SDN Rejondani dengan pendekatan problem solving. Satu kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan yaitu SDN Potrojayan II. Prestasi belajar dan kemampuan penalaran matematis diukur menggunakan instrumen tes berupa soal isian singkat dan soal uraian. Uji hipotesis menggunakan uji univariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Problem posing tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,067 (p > 0,05), 2. Problem posing tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis dengan nilai signifikansi 0,393 (p > 0,05), 3. Problem solving memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), 4. Problem solving memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matemaris dengan nilai signifikansi 0,014 ( p > 0,05 ) 5. Prestasi belajar tidak dipengaruhi oleh problem posing dengan nilai signifikansi 0,067 (p > 0,05) tetapi dipengaruhi oleh problem solving dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), 6. Kemampuan penalaran matematis tidak dipengaruhi oleh problem posing dengan nilai signifikansi 0,749 ( p > 0,05 ) tetapi dipengaruhi oleh problem solving dengan nilai signifikansi 0,014 ( p < 0,05),

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem posing, problem solving, pretasi belajar, kemampuan penalaran matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 00:50
Last Modified: 06 Dec 2022 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75471

Actions (login required)

View Item View Item