Model Pembelajaran Bola Basket Berbasis Teaching Games for Understanding untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.

Waffak, Muhammad Nasihul and Sukoco, Pamuji (2022) Model Pembelajaran Bola Basket Berbasis Teaching Games for Understanding untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-muhammad nasihul waffak-19703261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan model pembelajaran bola basket berbasis teaching game for understanding (TGfU) untuk meningkatkan HOTS yang layak dan praktis, (2) menghasilkan model pembelajaran bola basket berbasis teaching games for understanding (TGfU) yang valid dan (3) menghasilkan model pembelajaran bola basket berbasis teaching game for understanding (TGfU) untuk meningkatkan (HOTS) yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang menggunakan model disain penelitian dengan 10 langkah dari Borg dan Gall. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan angket. Data kelayakan model dianalisis menggunakan rumus content validity coeficient dari formula Aiken’s, dan analisis uji coba tahap dua menggunakan analisis paired sample t-test. Hasil penelitian: (1) model pembelajaran yang dihasilkan layak sebagai model pembelajaran bola basket berbasis Teaching Games for Understanding (TGfU) untuk meningkatkan HOTS peserta didik kelas V sekolah dasar. Hasil pengkajian para ahli menunjukkan bahwa semua menyatakan model pembelajaran yang dihasilkan layak untuk digunakan. Sebagian kecil ahli menyarankan perlunya perbaikkan disain dan ilustrasi yang lebih menarik serta penyederhanaan. Hasil uji perorangan oleh guru dan peserta didik pada skala kecil dan skala besar menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dihasilkan layak untuk digunakan sebagai model pembelajaran. Hasil uji perorangan yang menguji kelayakan isi, penyajian, dan bahasa pada buku pegangan guru, yang bermuatan pembelajaran bola basket berbasis teaching games for understanding (TGfU) untuk meningkatkan HOTS peserta didik kelas V sekolah dasar, semua guru memberikan skor yang tinggi yang artinya sangat baik. Hasil uji kelompok kecil dan kelompok skala besar dari para peserta didik kelas V sekolah dasar yang menjadi responden menunjukkan hasil evaluasi pembelajaran yang tinggi. Hal ini menunjukkan materi ajar yang disampaikan menggunakan model pembelajaran yang dihasilkan dapat dipahami dan dikuasai oleh peserta didik dengan mudah dan cepat sehingga mendapat nilai yang tinggi. Hasil uji validasi ahli, uji kelompok skala kecil dan skala besar menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada pembelajaran bola basket berbasis teaching games for understanding (TGfU) untuk meningkatkan HOTS diukur dengan cara pengulangan model selama 6 kali pertemuan 1 minggu 3 kali pengulangan jadi keseluruhan 18 kali pengulangan. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis teaching games for understanding (TGfU) yang efektif untuk meningkatkan HOTS peserta didik kelas V.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Bola basket, Model TGfU, HOTS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:32
Last Modified: 22 Nov 2022 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75221

Actions (login required)

View Item View Item