Indiwara, Rendi and Istiyono, Edi (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Literasi TIK pada Penggunaan Laboratorium Virtual Fisika SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-rendi indiwara-20701251013.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan instrumen penilaian keterampilan literasi TIK pada penggunaan laboratorium virtual fisika SMA didasari pada kebutuhan guru dalam melakukan penilaian yang autentik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan konstruk instrumen penilaian keterampilan literasi TIK pada penggunaan laboratorium virtual fisika SMA; (2) menguji kualitas instrumen penilaian keterampilan literasi TIK pada penggunaan laboratorium virtual fisika SMA; (3) mendeskripsikan profil keterampilan literasi TIK peserta didik pada penggunaan laboratorium virtual fisika; dan (4) menguji keefektifan instrumen penilaian keterampilan literasi TIK pada penggunaan laboratorium virtual fisika SMA. Penelitian ini merupakan research and development. Prosedur pengembangan menggunakan 10 langkah pengembangan instrumen dari Mardapi. Uji coba didesain sebanyak dua kali: yang pertama yaitu uji coba terbatas dan yang kedua ujicoba lapangan. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui keterbacaan dan kelayakan intrumen berdasarkan isinya. Sedangkan uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data lapangan. Pengambilan data dilakukan di dua SMA/SMK di Kasongan, Kalimantan Tengah. Subjek uji coba yaitu peserta didik yang telah melakukan praktikum laboratorium virtual pada SMAN 2 Kasongan sebanyak 80 peserta didik dan di SMKN 1 Kasongan sebanyak 85 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, document review, dan reviu instrumen yang dikembangkan untuk mendapatkan data lapangan. Teknik analisis data untuk menguji kualitas instrumen Exploratory Factor Analysis dan Partial Credit Model. Teknik analisis data untuk mendeskripsikan profil keterampilan literasi TIK siswa menggunakan hasil kemampuan pada analisis Partial Credit Model. Teknik analisis data untuk menghasilkan konstruk dan keefektifan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konstruk instrumen yang dikembangkan terdiri dari 31 butir pernyataan dengan lima pengelompokan faktor. Komponen pengumpulan dan pengelolaan informasi meliputi 14 butir pernyataan. Komponen menciptakan dan pertukaran informasi terbagi menjadi empat faktor dengan total 17 butir pernyataan. (2) hasil validitas isi adalah sangat valid. Instrumen valid secara konstruk karena semua item memiliki nilai faktor loading lebih besar dari 0,40. Estimasi reliabilitas instrumen tergolong sangat andal. Tingkat kesukaran butir dengan analisis PCM menghasilkan kategori baik. (3) Kemampuan literasi TIK siswa paling tinggi berada pada kategori rendah dan tinggi. (4) Menurut guru dan siswa, instrumen yang dikembangkan efektif untuk menilai keterampilan literasi TIK pada penggunaan laboratorium virtual. Instrumen yang dikembangkan tersebut layak digunakan karena telah memenuhi estimasi validitas dan reliabilitas
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, keterampilan literasi TIK, laboratorium virtual fisika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Teknologi Pendidikan Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 06:35 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 06:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74748 |
Actions (login required)
View Item |