Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa.

Susanti, Mathilda and Suyanto, Suyanto (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-mathilda susanti-13703261032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpi- kir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa dalam perkuliahan teori peluang. Selain itu, belum ditemukan model perkuliahan teori peluang yang khusus digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah dan perangkat pembelajaran pendukungnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa dan (2) mendeskripsikan kelayakannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diajukan oleh Plomp yang terdiri atas tiga fase, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan atau pembuatan prototipe, dan (3) penilaian. Kelayakan dari model pembelajaran berbasis masalah ditentukan berdasarkan tiga kriteria dari Nieeven, yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Uji coba lapangan dalam penelitian ini melibatkan 64 mahasiswa program studi pendidikan matematika dan 2 praktisi dari dua universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir kritis, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa model pembelajaran berbasis masalah yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pe- mecahan masalah dalam perkuliahan teori peluang, yang dinamai Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk melatihkan Kompetensi Abad 21 (MPBM-K21). Model pembe- lajaran ini dikembangkan menggunakan sintaks dasar pembelajaran berbasis masalah untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa. Kom- ponen model pembelajaran tersebut terdiri atas sintaks perkuliahan, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak perkuliahan. Model yang dihasilkan dilengkapi dengan satuan acara perkuliahan (SAP), lembar kerja mahasiswa (LKM), dan instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah untuk mempermudah im- plementasinya. Model pembelajaran tersebut dikatakan layak digunakan dalam perkuliah- an teori peluang karena telah memenuhi kriteria validitas dengan kategori sangat baik dan kepraktisan dengan kategori sangat baik. Meskipun model pembelajaran yang dikembang- kan belum memenuhi kriteria keefektifan yang diharapkan, hasil penelitian telah menun- jukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan ma- salah mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan teori peluang yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah tersebut.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kemapuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:53
Last Modified: 13 Oct 2022 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74628

Actions (login required)

View Item View Item