Pengembangan Instrumen Asesmen Nilai Kebangsaan Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP.

Candra, Candra and Retnowati, Trie Hartiti (2022) Pengembangan Instrumen Asesmen Nilai Kebangsaan Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-candra-17701261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) menghasilkan konstruk instrumen asesmen nilai kebangsaan pada mata pelajaran PPKn di SMP, (2) menganalisis kualitas instrumen asesmen nilai kebangsaan pada mata pelajaran PPKn, dan (3) mengkaji implementasi kefektifan penggunaan instrumen asesmen nilai kebangsaan pada mata pelajaran PPKn di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen hasil penyesuaian dari model MoCoah, dengan penyederhanaan menjadi dua belas prosedur pengembangan. Tahapan penelitian pendahuluan meliputi wawancara, studi literatur, validasi pakar dan penyusunan blueprint instrumen. Tahap pengembangan meliputi uji keterbacaan, pembuktian validitas isi, validitas konstruk dan reliabilitas konstruk dan penilaian kefektifan penggunaan instrumen. Subjek uji coba terbatas sebanyak 130 siswa dan uji coba luas sebanyak 200 siswa. Untuk mengukur validitas isi digunakan formula Aiken, sedangkan untuk validitas konstruk dan kecocokan model pengukuran digunakan analisis confirmatory factor analysis pendekatan second order. Estimasi reliabilitas menggunakan reliabilitas konsistensi internal dan reliabilitas konstruk. Analisis keefektifan pengunaan instrumen menggunakan statitistik deskriptif. Hasil pengembangan instrumen menunjukan bahwa konstruk instrumen asesmen mencakup tujuh dimensi, yakni ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, keadilan, multikultur, dan patriotisme. Instrumen yang dikembangkan terbukti memenuhi kualitas kelayakan, dimana validitas isi instrumen asesmen tersebut tergolong baik (rerata indeks validitas isi 0,81). Validitas konstruk instrumen asesmen tersebut telah memenuhi syarat (nilai muatan faktor > 0.40). Reliabilitas konstruk instrumen asesmen tersebut tergolong andal dan dapat diterima (nilai CR > 0.07). Uji kecocokan model menunjukkan bahwa model teoritis didukung data empiris dengan kategori model fit yang berarti kesembilan belas indikator dan ketujuh dimensi dapat digunakan mengukur konstruk nilai kebangsaan siswa. Hasil penerapan instrumen asesmen nilai kebangsaan siswa dengan rerata tertinggi pada nilai kemanusiaan. Sementara menurut guru PPKn instrumen yang dikembangkan sangat efektif dari aspek kepraktisan dan kemanfaatan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Asesmen, Nilai Kebangsaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:37
Last Modified: 20 Sep 2022 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74310

Actions (login required)

View Item View Item