Saputra, Restu and Jumadi, Jumadi (2022) KEEFEKTIFAN E-PJBL BERORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN APLIKASI FISIKA DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
Cover.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyelidiki keefektifan pembelajaran fisika dengan model e-PjBL berorientasi kewirausahaan terhadap peningkatan kemampuan aplikasi fisika dan self efficacy peserta didik, (2) menentukan besar effect size pembelajaran fisika dengan model e-PjBL berorientasi kewirausahaan terhadap peningkatan kemampuan aplikasi fisika dan self efficacy peserta didik, (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika dengan model e-PjBL berorientasi kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest-controlled group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Polewali Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian diambil dengan cluster random sampling sehingga didapatkan sampel yaitu XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, LKPD, soal pretest/posttest, angket sikap self efficacy, lembar respon peserta didik, dan lembar validasi instrumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan inferensial. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas & homogenitas, uji korelasi variabel, normalized-gain, uji hipotesis (uji 1 pihak dengan KKM, Manova), dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran fisika dengan model e-PJBL berorientasi kewirausahaan efektif dalam meningkatkan kemampuan aplikasi fisika, namun tidak efektif untuk self efficacy peserta didik (2) besar effect size pembelajaran fisika dengan model e-PJBL berorientasi kewirausahaan terhadap peningkatan kemampuan aplikasi fisika masuk dalam kategori tinggi dengan nilai 1,74 dan kategori rendah untuk self efficacy peserta didik dengan nilai 0,33 (3) rata-rata peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran fisika dengan model e-PjBL berorientasi kewirausahaan dengan menyebutkan bahwa model pembelajaran terlaksana dengan sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Restu Saputra |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 01:21 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 01:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74100 |
Actions (login required)
View Item |