Pengembangan Model Pembelajaran GOGER Berbasis Permainan Tradisional Lombok Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar.

Mujriah, Mujriah and Siswantoyo, Siswantoyo (2022) Pengembangan Model Pembelajaran GOGER Berbasis Permainan Tradisional Lombok Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascarajana.

[img] Text
disertasi-mujriah-17703261046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangan model pembelajaran GOGER yang layak, (2) menghasilkan model pembelajaran GOGER yang efektif untuk meningkatkan sikap sosial siswa sekolah dasar pada materi pendidikan jasmani, dan (3) menganalisis peningkatan sikap sosial pada model pembelajaran GOGER. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan langkah ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subyek ujicoba meliputi siswa sekolah dasar pada kelas atas di kabupaten Lombok tengah. Data need assessment dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan observasi. Data kelayakan model di kumpulkan dengan angket lembar validasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Temuan penelitian ini adalah: (1) Pengembangan model GOGER dan perangkatnya dinyatakan layak digunakan menurut penilaian ahli dan praktisi dengan rata-rata penilaian pada kategori sangat baik; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial siswa yang menggunakan model GOGER dibandingkan dengan model konvensional berdasarkan uji empirik menggunakan Uji-t dengan hasil signifikansi 0,00 < 0,05; (3) Peningkatan kemampuan sikap sosial siswa sekolah dasar setelah menggunakan model pembelajaran GOGER lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan menggunakan model konvensional. Sikap sosial yang memiliki peningkatan 3 tertinggi setelah menggunakan model pembelajaran GOGER adalah 1) tanggung jawab, 2) jujur, dan 3) percaya diri. Hasil dari temuan penelitian ini juga sebagai rekomendasi untuk para pendidik atau praktisi Pendidikan jasmani yang dapat menjadikan model GOGER ini sebagai salah satu model yang mampu meningkatkan sikap sosila anak sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: GOGER, Pendidikan jasmani, permainan tradisional, sikap sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:30
Last Modified: 10 Jun 2022 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73350

Actions (login required)

View Item View Item