Ternado Afu Rauv (2012) HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL INTERNAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DESA BERO MANYARAN WONOGIRI. S1 thesis, UNSPECIFIED.
Text
abstrak Tenardo Afu Rauf.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengendalian diri (locus of control internal) dengan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Desa Bero Manyaran Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Deasin jenis penelitiannya adalah ecspo-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berada di SD Negeri Se-Desa Bero Manyaran Wonogiri sebanyak 75 siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan kuesioner dan data dokumen yaitu raport siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara locus of control internal (pengendalian diri) dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri se-Desa Bero Manyaran Wonogiri. Semakin tinggi locus of control internal siswa, semakin tinggi hubungannya dengan hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan pada masing - masing aspek locus of control internal, adalah: (1) Aspek kepercayaan memberikan sumbangan efektif sebesar 12,854%; (2) Aspek berusaha dan percaya mencapai tujuan memberikan sumbangan efektif sebesar 14,202% dan memberikan sumbangsih terbesar; (3) Aspek keyakinan akan konsekuensi positif memberikan sumbangan efektif sebesar 12,368%. Kata kunci : Locus of control internal, hasil belajar matematika, siswa kelas V SD Negeri se-Desa Bero
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 22 Jun 2012 06:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 13:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/720 |
Actions (login required)
View Item |