Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Keterampilan Vokasional untuk Menyiapkan Anak Tunagrahita Ringan Memasuki Dunia Kerja

Rejokirono, Rejokirono and Sunardi, Sunardi and Suparno, Suparno (2017) Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Keterampilan Vokasional untuk Menyiapkan Anak Tunagrahita Ringan Memasuki Dunia Kerja. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
fulltext_rejokirono_11704261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memetakan prakt i k manajemen pembelajaran keterampilan di SLB saat ini, 2) m emperoleh informasi tentang hal - hal yang dibutuhkan dalam p engembangan model , 3) m enghasilkan model manajemen pembelajaran keterampilan vokasional untuk menyiapkan anak t unagrahita ringan memasuki dunia kerja, dan (4) memperoleh informasi tentang keefektifan model. Desain penelitian ini terdiri 3 tahapan : 1) studi pendahuluan meliputi studi literatur, s tudi kancah, pengisian angket dan analisis kebutuhan melalui FGD , dengan subjek 30 kepala SLB, 102 guru SLB dan 33 orangtua murid; 2) pengembangan model meliputi perumusan model, validasi draf model oleh 14 orang praktisi, validasi draf model oleh 10 tim ahli, dan revisi model; 3) uji coba terbatas oleh 6 orang praktis i , uji coba kelompok kecil oleh 12 orang praktisi , uji coba diperluas oleh 33 orang praktisi , dan re v isi model final. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan : 1) P rakte k manajemen pembelajaran keterampilan di SLB saat ini (a) materi keterampilan tidak sesuai dengan kebutuhan DUDI ; (b) pengelompokan rombongan belajar berdasarkan tingkat kelas ; (c) pendekatan pembelajaran temati k dengan tema - tema keterampilan; (d) pengguna an metode dril; (e) penilaian mengutamakan hasil ; (f) belum dilaksanakan PKL dan mag ang kerja; (g) kerja sama dengan orang tua dan DUDI belum terjalin, dan (h) kepala sekolah belum menerapkan fungsi manajemen . 2) K ebutuhan pengembangan model (a) pemilihan materi keterampilan sesuai kebutuhan DUDI ; (b) pengelompokan rombongan belajar berdasarkan jenis keterampilan; (c) pendekatan pembelajaran temati k dengan tema - tema keterampilan; (d) penggunaan metode dril; (e) penilaian pada proses dan hasil; (f) penyeleng garaan PKL dan mag ang kerja; (g) menjalin kerja sama dengan orang tua dan DUDI ; dan (h) kepala sekolah yang karismatik, banyak ide, mampu menerapkan fungsi manajemen dalam pembelajaran keterampilan vokasional . 3) Model yang dihasilkan (a) materi keterampilan sesuai kebutuhan DUDI; (b) pengelompokan rombongan belajar berdasarkan jenis keterampilan; (c) pendekatan pembelajaran tematik dengan tema - tema keterampilan; (d) penggunaan metode dril; (e) penilaian pembelajaran pada proses dan hasil; (f) pen yelenggaraan PKL dan magang kerja; (g) menjalin kerjasama dengan orang tua dan DUDI; dan (h) kepala sekolah yang karismatik, banyak ide, mampu menerapkan fungsi manajemen untuk pembelajaran keterampilan vokasional. 4) Hasil uji coba isi model mencapai skor 4,50 (89,98 %) dengan kategori sangat baik, dan hasil uji keterterapan model mencapai skor 4,70 (94,07%) dengan ketegori sangat baik. Kata kunci : manajemen pembelajaran, keterampilan vokasional, anak tunagrahita ringan, memasuki dunia kerja

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, keterampilan vokasional, anak tunagrahita ringan, memasuki dunia kerja
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:33
Last Modified: 08 Jun 2021 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70703

Actions (login required)

View Item View Item