Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Project Based Learning terhadap Keterampilaan Observasi dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas II.

Fauzi, Fatchul and Wangid, Muhammad Nur (2020) Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Project Based Learning terhadap Keterampilaan Observasi dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas II. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fatchul fauzi-17712251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based learning terhadap keterampilan observasi siswa kelas II sekolah dasar (2) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas II sekolah dasar (3) perbedaan pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based learning dengan buku kurikulum 2013 terhadap keterampilan observasi siswa kelas II sekolah dasar (4) perbedaan pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based learning dengan buku kurikulum 2013 terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD di SD Negeri di Kecamatan Banguntapan. Sampel penelitian ini adalah 263 siswa dari SD N 1 Jambidan, SD N Baturetno, SD N Sampangan, SD N Singosaren, dan SD N Jurugentong. Sampel penelitian dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dengan jumlah 130 menggunakan buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based learning dan kelas kontrol dengan jumlah 133 menggunakan buku kurikulum 2013. Instrument yang digunakan adalah lembar observsi keterampilan observasi dan angket sikap peduli lingkungan siswa. Teknik analisis menggunakan uji Paired Sample t-Test dan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based-learning berpengaruh terhadap keterampilan observasi siswa kelas II SD (2) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based- learning berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas II SD, (3) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project based-learning lebih berpengaruh daripada buku kurikulum 2013 terhadap keterampilan observasi siswa kelas II SD, (4) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project-based learning lebih berpengaruh daripada buku kurikulum 2013 terhadap keterampilan observasi siswa kelas II SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode project-based learning, keterampilan observasi, sikap peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 07:29
Last Modified: 01 Nov 2021 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70661

Actions (login required)

View Item View Item