Pengembangan Video Animasi Cerita Sainsmatika Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Karakter Mandiri Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Sleman.

Nurulaeni, Fitria and Mustadi, Ali (2020) Pengembangan Video Animasi Cerita Sainsmatika Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Karakter Mandiri Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fitria nurulaeni-17712251061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang memenuhi kriteria kelayakan dan mengetahui keefektifan video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan karakter mandiri siswa kelas IV SD Se-Kecamatan Sleman. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) oleh Borg and Gall yang terdiri atas 10 tahapan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Sleman. Pengumpulan data menggunakan wawancara (need analysis), angket, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t, dan MANOVA. Tahapan pengembangan video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning terdiri atas perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, proses uji coba, revisi, dan diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan respon siswa dengan kategori sangat layak; 2) video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan karakter mandiri siswa, terjadi peningkatan secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: video animasi, cerita sainsmatika, mobile learning, kemampuan komunikasi, karakter mandiri.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 06:58
Last Modified: 01 Nov 2021 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70656

Actions (login required)

View Item View Item