Etyarisky, Vianida and Marsigit, Marsigit (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-vianida etyarisky-17712251058.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak, dan (2) mengungkapkan keefektifan multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual yang dihasilkan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development yang mengacu pada sepuluh langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Kotagede. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, skala dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji t, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dengan kategori layak, serta respon siswa dan respon guru dengan kategori sangat layak. (2) multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa, yang meningkatkan secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi (p) 0,000 ˂ (α) 0,05.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, multimedia pembelajaran interaktif, pemahaman konsep, pendekatan kontekstual |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 May 2021 06:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 04:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70639 |
Actions (login required)
View Item |