Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Bola Voli untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan dan Kerja Sama di Sekolah Dasar.

Syarif, Ahmad and Tomoliyus, Tomoliyus (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Bola Voli untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan dan Kerja Sama di Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-ahmad syarif-17703261031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis susunan model pembelajaran pendidikan jasmani materi bola voli untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dan kerja sama peserta didik sekolah dasar kelas atas, (2) menganalisis efektivitas pelaksanaan model pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan kerja sama peserta didik sekolah dasar kelas atas, dan (3) menganalisis dampak model pembelajaran pendidikan jasmani materi bola voli terhadap pengambilan keputusan dan kerja sama peserta didik sekolah dasar kelas atas. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R and D) yang dimodifikasi dari Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas atas dan guru PJOK yang berada di Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Delphi dan kuasi eksperimen. Teknik analisis data untuk uji ahli menggunakan CVR, untuk uji coba produk menggunakan kualitatif, dan untuk uji efektivitas menggunakan statistik non- parametrik yaitu Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran penjas materi bola voli telah tervalidasi isi (ahli) untuk mengembangkan pengambilan keputusan dan kerja sama peserta didik di sekolah dasar kelas atas, (2) telah teruji efektivitas model pembelajaran pendidikan jasmani untuk mengembangkan pengambilan keputusan dan kerja sama bagi peserta didik di sekolah dasar kelas atas, dan (3) model pembelajaran pendidikan jasmani yang dikembangkan mempunyai dampak positif terhadap peningkatan pengambilan keputusan dan kerja sama peserta didik di sekolah dasar kelas atas. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penjas materi bola voli efektif untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan dan kerja sama peserta didik Sekolah Dasar kelas atas, sehingga model ini dapat digunakan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, pengambilan keputusan, kerja sama, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:58
Last Modified: 28 May 2021 05:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70277

Actions (login required)

View Item View Item