Pengembangan Metode Fun PECS and Games (FPG) untuk Penguasaan Kosakata Benda bagi Siswa Tunarungu berbasis Augmented Reality.

Thalib, Ismail and Arifin, Fatchul (2019) Pengembangan Metode Fun PECS and Games (FPG) untuk Penguasaan Kosakata Benda bagi Siswa Tunarungu berbasis Augmented Reality. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan desain produk media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda bagi siswa tunarungu (2) meningkatkan penguasaan kosakata benda bagi siswa tunarungu dengan mengembangkan metode Fun PECS and Games (FPG) berbasis Augmented Reality, (3) menguji efektifitas metode pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda bagi siswa tunarungu. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Waterfall yang dikembangkan oleh Pressman. Tahapan pengembangannya terdiri dari lima tahapan yaitu, Communication, Planning, Design, Construction, dan Deployment. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan produk myKadera menggunakan buku media marker AR yang dilengkapi dengan panduan penggunaannya. Hasil penelitian adalah 1) berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa kemampuan penguasaan kosakata benda siswa tunarungu mengalami peningkatan dengan independent sample test menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,746, lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 atau (0,746>0,05). 2) metode pembelajaran Fun PECS and Games (FPG) berbasis augmented reality yang dikembangkan dinyatakan efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata benda bagi siswa tunarungu dari perolehan pretest kelas kontrol 47,00 dan posttest kelas eksperimen 91,00, terbukti paling tinggi dengan Δ kenaikan capaian pembelajaran sebesar 44, juga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, Fun PECS and Games (FPG), waterfall
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:12
Last Modified: 22 Oct 2020 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69398

Actions (login required)

View Item View Item