Pengembangan Training Kit Production and Monitoring System Berbasis PLC untuk Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri.

Noviyanto, Edi and Sudira, Putu (2019) Pengembangan Training Kit Production and Monitoring System Berbasis PLC untuk Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-edy-noviyanto-17720251021.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan tenaga kerja industri dengan kompetensi bidang Programmable Logic Controllers (PLC) cukup tinggi. Namun demikian, masih terdapat kesenjangan antara kebutuhan kompetensi di industri dengan kompetensi lulusan SMK. Upaya meminimalkan kesenjangan tersebut dapat dilakukan dengan menyediakan training kit yang mendukung pencapaian kompetensi sesuai kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan desain Training Kit of Production and Monitoring System (TKPMS) berbasis PLC untuk Kompetensi Keahlian Elektronika Industri, (2) menghasilkan TKPMS berbasis PLC untuk Kompetensi Keahlian Elektronika Industri, (3) menguji kinerja TKPMS yang dihasilkan tersebut, dan (4) mendeskripsikan respon terhadap TKPMS yang dihasilkan tersebut dari siswa SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE menurut Lee & Owens. Prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tahap analisis melibatkan responden industri dan guru SMK di Yogyakarta. Penilaian produk melibatkan ahli materi dan ahli media dari dosen FT UNY. Penilaian respon pengguna melibatkan siswa SMKN 2 Wonosari. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah divalidasi ahli. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Desain training kit secara teknis terdiri dari dua panel, semua komponen terintegrasi PLC, HMI dan elektropneumatik untuk mensimulasikan sebuah proses produksi dan monitoring, training kit dilengkapi dengan terminal bantu dan saklar kesalahan. Secara non- teknis, training kit ditujukan untuk melatih empat kompetensi kunci, yaitu mengidentifikasi PLC dan komponen pendukung, melakukan pengawatan sistem PLC, memprogram PLC dan melakukan perbaikan sistem PLC. (2) Training kit dihasilkan melalui lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, desain training kit, pembuatan dan pengujian fungsional, pengujian ahli dan pengguna, dan evaluasi kelayakan. (3) Uji kinerja menunjukkan training kit tersebut termasuk kategori sangat layak dengan rerata skor dari ahli materi sebesar 3,83 dan ahli media sebesar 3,67. (4) Pengguna menyatakan training kit dan modul pembelajaran yang dihasilkan sangat layak dengan rerata skor sebesar 3,39.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PLC, production and monitoring system, training kit
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:37
Last Modified: 21 Oct 2020 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69392

Actions (login required)

View Item View Item