Pengembangan Instrumen Asesmen Pilihan Karir Bagi Siswa Tunagrahita Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Kota Padang.

Jofipasi, Rendy Amora and Purwanta, Edi (2019) Pengembangan Instrumen Asesmen Pilihan Karir Bagi Siswa Tunagrahita Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Kota Padang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-rendy-amora-jofipasi-16729251015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan instrumen asesmen pilihan karir yang layak bagi siswa tunagrahita dan (2) mengetahui keefektifitasan instrumen asesmen yang dikembangkan dalam menentukan arah pilihan karir pada siswa tunagrahita berdasarkan karakteristik, minat, dan kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini menghasilkan pengembangan instrumen dengan menggunakan prosedur pengembangan instrumen Saifuddin Azwar yang mencakup delapan langkah prosedur pengembangan yaitu: identifikasi tujuan ukur, pembatasan domain ukur, operasionalisasi aspek, review aitem, field test, seleksi aitem, validasi konstrak, kompilasi final.. Subjek penelitian ini adalah guru kelas X,XI dan XII yang mengajar dikelas tunagrahita di seluruh SMALB kota Padang. Produk ini diuji kelayakannya oleh dua orang ahli dengan melakukan seleksi aitem instrumen. Analisis aitem dilakukan dengan koefisien validitas isi aiken’s menggunakan penilaian dengan skala yang didasarkan pada penilaian terhadap aitem. Uji efektivitas produk dilakukan dengan analisis faktor konfirmatori terhadap hasil uji coba produk. Produk dikatakan efektif jika mampu mengungkap tipe kepribadian berdasarkan kecenderungan yang diperoleh dari hasil asesmen ADL, interaksi dan komunikasi, kemampuan akademik dan sensori motor melalui tahapan dan langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hasil penelitian berupa instrumen asesmen pilihan karir yang di dalamnya memuat lima aspek yaitu: instrumen ADL, instrumen kemampuan akademik, instrumen interaksi dan komunikasi, instrumen persepsi dan sensori motor, instrumen minat dan jabatan. Hasil uji instrumen menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan efektif digunakan dalam menentukan arah pilihan karir yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang cenderung kepada tipe kepribadian yang dimiliki. Berdasarkan hasil dari validitas konstruk dan reabilitas dengan menguji produk yang dikembangkan. Dari hasil uji instrumen mengungkapkan bahwa hasil pengujian produk fit terhadap variabel laten. Pengujian menunjukkan hal yang perlu mendapatkan perhatian yakni nilai chi square 0.623 dan nilai RMSEA 0.032. hasil ini menunjukkan produk memiliki goodness of fit yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan dapat mewakili prilaku-prilaku siswa tunagrahita dalam proses pemilihan dan pengembangan karir secara umum dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen asesmen, pilihan karir, tunagrahita.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:02
Last Modified: 21 Sep 2020 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69004

Actions (login required)

View Item View Item