PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS BAGI ANAK AUTIS DI LABORATORIUM PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Amalia, Rizki Nuraini (2018) PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS BAGI ANAK AUTIS DI LABORATORIUM PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Amalia Rizki Nuraini_11103241062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan program pengembangan motorik halus pada anak autis usia 8 tahun di Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Laboratorium Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah seorang pemberi layanan program dan seorang anak autis usia 8 tahun. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa: reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberi layanan menyusun perencanaan berdasarkan hasil asesmen anak yang meliputi penentuan tujuan, perencanaan kegiatan, metode, media, dan evaluasi. Pelaksanaan program pengembangan motorik halus di laboratorium Pendidikan Luar Biasa menggunakan acuan hasil asesmen anak. Tahapan pelaksanaan program pengembangan motorik halus dimulai dari tahap kegiatan pendahuluan yang berupa apersepsi dan pengulangan materi, tahap kegiatan inti yang berupa demonstrasi dan penyampaian materi, dan tahap kegiatan penutup yang berupa evaluasi. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan pemberian tugas. Pelaksanaan pengembangan motorik halus menggunakan media berupa plastisin, manik-mank, benang, pasir, replika baju berkancing, gunting, kertas warna, buku tulis, buku gambar, pensil dan pensil warna.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:21
Last Modified: 09 Mar 2020 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67815

Actions (login required)

View Item View Item