PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG

Suseno, Hasan (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 2 Temanggung telah menerapkan teknologi E-Learning guna penunjang kegiatan belajar mengajar. E-Learning yang digunakan oleh SMK Negeri 2 Temanggung dengan berbagai fitur yang ada didalamnya telah menjadi sebuah sistem informasi yang membantu setiap elemen SMK Negeri 2 Temanggung dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengukur perbedaan hasil belajar media pembelajaran E-Learning dengan menggunakan metode tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X TKJ dalam mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. . Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Pada jenis penelitian ini menggunakan 2 kelompok kelas belajar, kelompok yang pertama sebagai kelas eksperimen, dan yang kedua sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini ada 3 tahap yaitu: (1) Kedua kelompok tersebut akan diberikan test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. (2) Pada kelas eksperimen akan diberikan treatment berupa pembelajaran berbasis e-learning sedangkan pada kelompok kontrol tetap menggunakan metode konvensional. (3) Pada tahap terakhir akan diberikan test untuk mengetahui kemampuan akhir siswa setelah diberikan treatment pada kelas eksperimen, selanjutnya akan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kedua kelas tersebut . Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan setelah menggunakan pembelajaran dengan metode pembelajaran E-Learning. Berdasarkan output pair 1 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas Pre-test kelas eksperimen dengan Post-test kelas eksperimen (metode E-Learning). Berdasarkan pembahasan output Pair 1 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan model pembelajaran metode E-Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Temanggung. (2) Pada tabel Independen Sample t Test bahwa terdapat nilai rata-rata atau mean pada posttest kelas eksperimen sebesar 83,66 dan 76,54 pada kelas posttest kontrol. Nilai tersebut dapat diartikan pada rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi apabila dibandingkan dengan rata rata kelas kontrol. Maka dapat di simpulkan bahwa adanya perbedaan pada rata-rata hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode pembelajaran E-Learning berbasis moodle pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital bila di bandingkan dengan metode konvensional dengan nilai rata-rata lebih tinggi pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perbedaan hasil belajar, metode e-learning, model konvensional.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:05
Last Modified: 25 Feb 2020 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67683

Actions (login required)

View Item View Item