Sistem Pendukung Keputusan untuk Mengestimasi Tingkat Kompetensi Keahlian Bidang Teknik Komputer dan Jaringan SMK Menggunakan Algoritma C4.5.

Ghaffur, Taufiq Abdul and Wardani, Ratna (2019) Sistem Pendukung Keputusan untuk Mengestimasi Tingkat Kompetensi Keahlian Bidang Teknik Komputer dan Jaringan SMK Menggunakan Algoritma C4.5. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses penentuan tingkat kompetensi keahlian berstandar Lembaga Sertifikat Profesi Pihak 1 (LSP P1) pada sekolah yang belum memperoleh Sertifikat Lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) masih belum tersedia. Salah satu solusi dengan pendekatan teknologi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah sistem pendukung keputusan yang menerapkan konsep data mining. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan yang menerapkan metode algoritma C4.5 sebagai alat bantu dalam mengestimasi tingkat kompetensi keahlian bidang teknik komputer dan jaringan berdasarkan riwayat akademik LSP P1 SMK; dan (2) melakukan pengujian kualitas terhadap sistem pendukung keputusan yang dikembangkan berdasarkan standar ISO/IEC 25010. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Unified Process (UP) yang terdiri dari empat fase yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Pengujian dilakukan menggunakan standar ISO/IEC 25010 pada karakteristik functional suitability, usability, reliability dan performance efficiency. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sebuah sistem pendukung keputusan yang menerapkan metode algoritma C4.5 sebagai alat bantu dalam mengestimasi tingkat kompetensi keahlian bidang teknik komputer dan jaringan SMK. Parameter ditentukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen ke sekolah-sekolah yang menjadi LSP P1. Parameter penentu keputusan berupa nilai mata pelajaran kelompok C3 berdasarkan riwayat akademik LSP P1 SMK. Algoritma C4.5 diterapkan dengan menerjemahkan Unified Modeling Language (UML) menjadi bahasa pemrograman web; dan (2) hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 dengan konsep Website Quality Evaluation Method (QEM) pada karakteristik: (a) functional suitability, menunjukkan bahwa fungsi sistem pada perhitungan algoritma C4.5 sesuai dengan hasil perhitungan manual serta semua fungsi 100% berjalan dengan benar; (b) usability dengan metode Guerrilla Usability Testing, menunjukkan bahwa interface mudah digunakan dan telah disesuaikan berdasarkan masalah penggunaan; (c) performance efficiency menunjukkan skor YSlow 97% (Grade A), PageSpeed 87% (Grade B) dan rata-rata kecepatan memuat halaman yang baik sebesar 2,5 detik; dan (d) reliability dengan presentase tingkat keberhasilan selama proses stress testing sebesar 100% tanpa kesalahan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sistem pendukung keputusan, kompetensi keahlian, data mining, algoritma C4.5, ISO/IEC 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:42
Last Modified: 24 Feb 2020 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67655

Actions (login required)

View Item View Item