PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN RODA GIGI PAYUNG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN KONVENSIONAL DI SMK NEGERI 2 DEPOK

Mahendra, Ivan Luthfi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN RODA GIGI PAYUNG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN KONVENSIONAL DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II .pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III .pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V .pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Mengembangkan spesifikasi video tutorial pembuatan roda gigi payung pada mata pelajaran teknik pemesinan konvensional, (2) Mengetahui seberapa besar nilai kelayakan media video pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, serta tanggapan penggunaan oleh siswa kelas XII Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur di SMK Negeri 2 Depok pada mata pelajaran teknik pemesinan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model Borg dan Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov, meliputi 5 tahapan, yaitu: (1) analisis produk, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah penilaian kelayakan oleh ahli materi dan ahli media masingmasing sejumlah satu orang, serta tanggapan penggunaan produk media video oleh siswa SMK Negeri 2 Depok kelas XII Jurusan Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur yang berjumlah 57 siswa. Instrumen yang digunakan untuk proses validasi ahli dan respon siswa menggunakan skala Likert dan Guttman. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa: (1) produk media pembelajaran berupa video tutorial pembuatan roda gigi payung dengan format .mp4 serta durasi video selama 16 menit 21 detik dan kapasitas sebesar 478 MB, (2) hasil penilaian kelayakan media video tutorial pembuatan roda gigi payung yang ditinjau dari aspek materi dilakukan oleh ahli materi dengan nilai kelayakan sebesar 100%, kelayakan yang ditinjau dari aspek media dilakukan oleh ahli media dengan nilai kelayakan sebesar 91,25%, sedangkan pada tanggapan penggunaan produk oleh 57 orang siswa mendapatkan nilai kelayakan sebesar 85,50%, menyatakan bahwa media video tutorial pembuatan roda gigi payung dalam kategori sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prosedur pengembangan, Media pembelajaran Video, Roda Gigi.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:09
Last Modified: 13 Feb 2020 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67531

Actions (login required)

View Item View Item