PENGEMBANGAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN UNTUK KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Arif, Muhammad (2020) PENGEMBANGAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN UNTUK KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) menghasilkan produk modul sistem bahan bakar konvensional kelas 11 di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro yang dikembangkan; (2) mengetahui kelayakan modul sistem bahan bakar konvensional di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Tahapan penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) yang meliputi; (1) analisys; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluations. Validasi desain produk dilakukan dua kali yaitu validasi materi oleh ahli materi dan validasi media oleh ahli media. Penelitian ini dilakukan pada 24 siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan A di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisa data yang dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase yang diterjemahkan terhadap kategori skala kelayakan. Hasil penelitian ini berupa Modul Sistem Bahan Bakar Konvensional Untuk Kelas XI. Modul tersebut terdiri atas 3 bab, yaitu bab 1 yang berisi pendahuluan, bab 2 berisi materi, rangkuman, tes formatif, dan kunci jawaban, bab 3 berisi soal evaluasi dan kunci jawabannya. Hasil validasi dosen ahli materi, ahli media dan uji coba kelayakan oleh siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Hasil analisis kelayakan produk dari ahli materi diperoleh penilaian kelayakan 72,64%, dari ahli media diperoleh penilaian kelayakan 77,4%, dan dari ujicoba siswa diperoleh penilaian kelayakan sebesar 78,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, sistem bahan bakar konvensional
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:45
Last Modified: 27 Jan 2020 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67221

Actions (login required)

View Item View Item