Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Laku untuk Meningkatkan Daya Tahan Kardiorespirasi bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan.

Herpratana, Ellan Riyadi and Sumaryanti, Sumaryanti (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Laku untuk Meningkatkan Daya Tahan Kardiorespirasi bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku (lagu dan bangku) untuk meningkatkan daya tahan kardiorespirasi peserta didik tunagrahita ringan. Model pembelajaran ini didesain untuk peserta didik tunagrahita ringan dengan spesifikasi SDLB kelas atas. Penelitian ini menggunakan research and development yang dimodifikasi menjadi dua tahap, yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap pendahuluan meliputi (1) studi pustaka dan (2) studi lapangan. Tahap pengembangan meliputi (1) membuat desain produk awal, (2) validasi ahli, (3) uji coba skala terbatas, (4) uji coba skala luas, (5) uji efektivitas, dan (6) penyebaran sederhana. Uji coba penelitian dilakukan di empat sekolah di Kabupaten Bantul. Uji coba skala terbatas dilakukan di SLB Marsudi Putra 1 pada lima peserta didik tunagrahita ringan SDLB kelas atas. Uji coba skala luas dilakukan di SLB Sekar Teratai 1 dan SLB Bangun Putra pada 16 peserta didik tunagrahita ringan SDLB kelas atas. Uji efektivitas dilakukan di SLB Bina Siwi pada 8 peserta didik tunagrahita ringan SDLB kelas atas. Uji efektivitas menggunakan pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan modifikasi Harvard Step Test. Analisis data validitas menggunakan formula Content Validity Ratio. Analisis data uji efektivitas menggunakan proporsi kenaikan daya tahan kardiorespirasi terhadap pretest dalam % dan uji Paired Test. Penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku. Model pembelajaran ini didesain sesuai dengan karakteristik peserta didik tunagrahita ringan dengan spesifikasi SDLB kelas atas. Model pembelajaran ini sintaknya delapan tahap, yaitu: pemanasan, inti (demonstrasi - drill - demonstrasi (peserta didik recovery) - drill - demonstrasi (peserta didik recovery) - drill), pendinginan. Hasil uji Content Validity Ratio semua item nilainya > 0,99. Hasil uji efektivitas dinyatakan efektif dapat meningkatkan daya tahan kardiorespirasi peserta didik tunagrahita ringan dengan besarnya efektivitas 11,87% (p-value 0,05). Model pembelajaran ini dikemas dalam buku panduan yang disertai dengan DVD. Pada akhir tahap penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku pelaksanaannya aman, mudah, menyenangkan, dan harga alat terjangkau serta efektif untuk meningkatkan daya tahan kardiorespirasi peserta didik tunagrahita ringan, sehingga model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran, pendidikan jasmani, laku, kardiorespirasi, tunagrahita ringan
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:11
Last Modified: 20 Nov 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66727

Actions (login required)

View Item View Item