Lestari, Hanik and Mahmudi, Ali (2019) Pengembangan Bola Muatan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini menghasilkan media bola muatan yang berkualitas ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas VI SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah pengembangan Borg & Gall yang meliputi: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk I, uji coba utama, revisi produk II, uji coba operasional, revisi produk akhir, dan desiminasi. Subjek uji coba lapangan awal adalah satu guru dan 6 siswa kelas VI di SD Negeri 2 Tonatan. Subjek uji coba lapangan utama adalah satu guru dan 30 siswa kelas VI di SD Negeri 4 Mangkujayan Ponorogo. Subjek uji coba operasional adalah 83 siswa SD kelas VI di SD Negeri 3 Bangunsari dan SD Negeri 4 Mangkujayan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi produk, angket motivasi belajar, soal kemampuan pemecahan masalah, angket respon guru dan siswa. Analisis kevalidan dilakukan dengan melihat penilaian para ahli. Analisis kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi skor hasil penilaian menjadi data kuantitatif dengan skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan uji one sample t-tes dan Independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bola muatan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media yang dikebangkan memenuhi kriteria valid dengan penilaian “sudah siap” berdasarkan penilaian ahli media dan materi. Media yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan kategori “sangat baik” berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa. Media yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah, angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan bahwa; (1) Uji one sample t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung>t tabel menunjukkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar masing-masing mempunyai kategori “baik” dengan nilai rata- rata 80 dan 65; (2) proporsi siswa yang mencapai skor kemampuan pemecahan masalah mencapai nilai KKM lebih dari 75%; (3) Uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig.<0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan media dan yang tidak menggunakan media bola muatan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media bola muatan, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 07:33 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 07:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66653 |
Actions (login required)
View Item |