Evaluasi Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Prancis di SMA Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

Af'idah, Irma Nur and Jaedun, Amat (2019) Evaluasi Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Prancis di SMA Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kualitas (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil pembelajaran Bahasa Prancis di SMA Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi countenance oleh Stake. Responden dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Kalasan, SMA Negeri 1 Depok, SMA Negeri 9 Yogyakarta, SMA Negeri 10 Yogyakarta, dan SMA Angkasa Adisucipto. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, telaah RPP, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Prancis termasuk dalam kategori sangat baik dilihat dari telaah RPP dan angket guru. Hasil RPP mencapai 100% dan hasil angket guru sebesar 26,6 yang masuk dalam kategori sangat baik. Ada kesesuaian antara RPP dengan standar proses yang berlaku. (2) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Prancis masuk dalam kategori baik dilihat dari angket guru, yang diperoleh jumlah nilai sebesar 76 dan angket peserta didik sebesar 67 dan terdapat kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar pelaksanaan pembelajaran. (3) Pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata sebesar 87,07 dan hasil angket guru sebesar 63,6 yang berada di atas 61. Nilai peserta didik diperoleh dari hasil penilaian tengah semester, angket guru, dan didukung dengan wawancara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi implementasi kurikulum, model countenance, pembelajaran Bahasa Prancis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:37
Last Modified: 16 Oct 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66171

Actions (login required)

View Item View Item