Pengembangan Model Pembelajaran Analisis Sastra Prancis Berbasis Metakognitif untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis-Humanis Mahasiswa Melalui Menulis Reflektif.

Artanti, Yeni and Sayuti, Suminto A (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Analisis Sastra Prancis Berbasis Metakognitif untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis-Humanis Mahasiswa Melalui Menulis Reflektif. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran Analisis Sastra Prancis berbasis metakognitif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis- humanis mahasiswa melalui menulis reflektif dan (2) menjelaskan persepsi mahasiswa terhadap model yang dikembangkan. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan langkah- langkah sebagai berikut: (1) pra-pengembangan model meliputi analisis kebutuhan / need assessment, tinjauan pustaka, refleksi mahasiswa, dan dosen, serta masukan teman sejawat; (2) pengembangan model, meliputi kegiatan penyusunan model, penyusunan perangkat pembelajaran termasuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS), media pembelajaran, dan rubrik penilaian; (3) percobaan model dilakukan bulan Maret – Mei 2018 yang melibatkan tujuh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis yang sedang mengikuti Mata Kuliah Analisis Sastra Prancis UNY. Mahasiswa tersebut dipilih secara bertujuan dan menyatakan bersedia menjadi responden. Percobaan model dilakukan untuk memperoleh data yang dikumpulkan melalui observasi langsung partisipatoris, transkripsi rekaman audio/video, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terfokus. Data dianalisis dengan teknik fenomenologi interpretatif. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas internal, yaitu penilaian oleh para ahli pembelajaran sastra dan validitas eksternal, yaitu melalui uji coba. Selain itu, kredibilitas model pengembangan ini dicapai dengan menggunakan kredibilitas argumentatif, komunikatif, dan komulatif yaitu jika penulis dapat menggambarkan langkah-langkah serta analisis penelitian yang dilakukan, hasilnya dikembalikan pada partisipan, dan penelitian- penelitian lain menunjukkan hasil yang relatif sama. Hasil penelitian ini adalah (1) sebuah model pembelajaran Analisis Sastra Prancis yang berbasis metakognitif yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis-humanis mahasiswa melalui tulisan reflektif; dan (2) persepsi mahasiswa mengungkapkan bahwa model pembelajaran merupakan (a) pembelajaran yang mengarahkan diri sendiri/self directed learning, (b) berpusat pada mahasiswa/student center learning, (c) pembelajaran schaffolding, (d) pembelajaran aktif dan interaktif, (e) pembelajaran sepanjang hayat yang memberi kesempatan mahasiswa untuk (f) berpikir kritis-humanis, dan (g) mengembangkan sikap menghargai, berani, aktif, jujur, kritis, dan tanggung jawab. Luaran pengembangan model ini berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Media Pembelajaran berupa Modul Mahasiswa dan Dosen yang disertai dengan DVD berisi e-book, video-video, gambar- gambar pendukung materi, dan Rubrik Penilaian.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, metakognitif, pembelajaran sastra (Prancis), berpikir kritis-humanis, menulis reflektif.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:06
Last Modified: 28 May 2021 05:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66133

Actions (login required)

View Item View Item