Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Percobaan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fungi

Wardani, Ika (2019) Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Percobaan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fungi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
BA I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Guided Inquiry dengan Pendekatan Percobaan Awal terhadap (1) kemampuan berpikir kritis (KBK), (2) keterampilan proses sains (KPS), dan (3) kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA Kelas X pada materi fungi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X SMA sebagai populasi hipotetik. Sampel yang digunakan dari populasi 64 siswa yang terbagi pada kelas eksperimen 32 peserta didik dan kelas kontrol terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data KBK menggunakan tes uraian dan KPS menggunakan tes uraian dan observasi. Data dianalisis menggunakan independent sample test dan MANOVA. Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model guided inquiry dengan percobaan awal efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi fungi. Hasil analisis independent sample test menunjukkan taraf signifikasi 0,025. (2) Model guided inquiry dengan percobaan awal tidak efektif terhadap keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi fungi. Hasil analisis independent sample test menunjukkan taraf signifikasi 0,093. (3) Model guided inquiry dengan percobaan awal efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi fungi. Hasil analisis MANOVA menunjukkan taraf signifikasi 0,000 Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, model guided inquiry, pendekatan percobaan awal

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:38
Last Modified: 06 Mar 2023 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65623

Actions (login required)

View Item View Item