Hidayanti, Istiyana (2019) PARTISIPASI ORANG TUA SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS II SD NEGERI MARGOSARI PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Istiyana Hidayanti.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi orang tua siswa lamban belajar (slow learner) di kelas II SD Negeri Margosari, Pengasih, Kulon Progo. Partisipasi orang tua siswa lamban belajar (slow learner) dilihat dari 2 dimensi yaitu menyiapkan anak sesuai tahap perkembangannya dan mengoptimalkan potensi anak agar berprestasi dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi orang tua siswa lamban belajar, siswa lamban belajar, dan guru kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam menyiapkan anak sesuai tahap perkembangannya diwujudkan dengan cara memberi nasehat, hukuman, dan pujian agar anak menjadi pribadi yang jujur, berani, disiplin, mandiri, dan percaya diri. Sedangkan, partisipasi dalam mengoptimalkan potensi anak diwujudkan dengan cara 1) mengikutsertakan anak pada kegiatan luar sekolah, berupa les renang, bimbingan belajar privat, dan TPA; 2) membimbing kesulitan belajar anak di rumah; 3) mendiskusikan hambatan belajar anak dengan guru kelas, pelatih renang, dan guru bimbingan belajarnya; dan 4) menyediakan berbagai fasilitas pendidikan di rumah. Kata kunci: partisipasi orang tua, siswa lamban belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 03:35 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 03:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65599 |
Actions (login required)
View Item |