Pengembangan Permainan Bowling untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun

Nurhayati, Fitri and Harun, Harun (2019) Pengembangan Permainan Bowling untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan dalam pengembangan permainan bowling untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 anak usia 4-5 tahun, (2) menghasilkan produk berupa permainan bowling beserta buku panduannya yang dapat meningkatkan mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun, dan (3) memperoleh informasi mengenai keefektifan permainan bowling yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek pada uji coba terbatas adalah tiga guru pada tiga sekolah yaitu TK ABA Babakan, TK ABA KKN, dan TK ABA Sambeng. Subjek uji coba lapangan utama terdiri atas lima orang guru pada lima sekolah yaitu TK ABA Wonotingal, TK ABA Jragan, TK ABA Koripan, TK Masyitoh Sambeng dan TK ABA Gerso. Subjek uji coba operasional terdiri atas 105 anak kelompok A di delapan sekolah, yaitu TK ABA Lopati, TK ABA Gambrengan, TK ABA Gunungsaren, TK ABA Bendo, TK ABA Bandung, TK PKK 115 Mangiran, TK PKK 23 Srandakan, dan TK ABA Krapakan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket penilaian guru. Analisis data menggunakan time series analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bowling beserta dengan buku panduannya memperoleh kriteria “layak” menurut ahli materi dengan persentase sebesar 79,54% dan ahli instrument dengan persentase sebesar 75%. Permainan bowling juga mudah dan layak untuk digunakan oleh anak usia 4-5 tahun setelah dilakukan pada uji coba awal dan uji coba lapangan utama. Selain itu, permainan bowling yang dikembangkan ini juga efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor yang diperoleh dari lima kali perlakuan pada uji lapangan operasional. Skor rata-rata yang diperoleh dari perlakuan pertama sampai perlakukan kelima secara berturut-turut adalah pertama 181, kedua 207,25, ketiga 232, keempat 263 dan kelima 285,25. Dengan perolehan rata-rata skor tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan bowling efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: anak usia 4-5 tahun, kemampuan mengenal angka, permainan bowling

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2019 01:33
Last Modified: 26 Sep 2019 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65540

Actions (login required)

View Item View Item