PENGARUH PEMBERDAYAAN PENDIDIK, KOMITMEN PROFESIONAL PENDIDIK DAN KOMPETENSI PENDIDIK TERHADAP DAYA SAING MADRASAH ALIYAH DI KOTA YOGYAKARTA

Bahiyyah, Fina Durriyatun and Wibowo, Udik Budi (2019) PENGARUH PEMBERDAYAAN PENDIDIK, KOMITMEN PROFESIONAL PENDIDIK DAN KOMPETENSI PENDIDIK TERHADAP DAYA SAING MADRASAH ALIYAH DI KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan seberapa besar pengaruh pemberdayaan pendidik, komitmen profesional pendidik dan kompetensi pendidik terhadap daya saing madrasah di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian merupakan pendidik Madrasah Aliyah di Kota Yogyakarta yang terdiri dari 6 sekolah, selanjutnya dengan Cluster Sampling didapat 3 sekolah yang menjadi populasi dalam penelitian ini. jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 127 pendidik dengan sampel 96 pendidik. Penentuan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validitas item dengan pertimbangan ahli dan uji empirik. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uju heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hanya satu variabel yang berpengaruh signifikan terhadap daya saing madrasah. Pemberdayaan pendidik dan komitmen profesional pendidik, melalui variabel kompetensi pendidik tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap daya saing madrasah. Sementara kompetensi pendidik sebagai variabel intervening secara langsung memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap daya saing madrasah. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kompetensi pendidik tidak dapat menjadi variabel intervening antara variabel pemberdayaan pendidik, komitmen profesional pendidik terhadap variabel data saing madrasah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, komitmen profesional, kompetensi pendekatan, daya saing madrasah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:56
Last Modified: 28 May 2021 05:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65539

Actions (login required)

View Item View Item