PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA PERMAINAN KARTU MATHEMATICARDS UNTUK SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN

Nurcahyo, Jati (2012) PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA PERMAINAN KARTU MATHEMATICARDS UNTUK SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Jati Nurcahyo_07105241010.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran permainan kartu Mathematicards yang layak dalam arti media ini mudah, menarik dan dapat digunakan untuk melatih keterampilan berhitung siswa dalam mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 10 untuk kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development ). Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Setelah melalui tahap produksi, dihasilkan produk awal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba lapangan awal yang terdiri dari 5 siswa, uji coba lapangan utama 15 siswa, dan uji coba lapangan operasional 30 siswa. Subyek uji coba produk adalah siswa kelas 1A SD Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket pada saat uji coba. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu Mathematicards termasuk kategori “baik”. Data hasil validasi ahli materi menunjukan bahwa dari aspek isi dikategorikan baik dengan persentase skor 100% dan dari aspek pembelajaran juga dikategorikan baik dengan persentase skor 100%. Data hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa dari aspek kualitas fisik dikategorikan baik dengan persentase skor 83,4%, dari aspek tampilan dikategorikan baik dengan persentase skor 100% dan dari aspek pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase skor 100%. Data hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa dari aspek isi dikategorikan baik dengan persentase skor 86,7%, dari aspek pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase skor 78,4% dan dari aspek media dikategorikan baik dengan persentase skor 88,3%. Hasil ujicoba lapangan utama menunjukkan bahwa dari aspek isi dikategorikan baik dengan persentase skor 88,8%, dari aspek pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase skor 85,4% dan dari aspek media dikategorikan baik dengan persentase skor 86%. Hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan bahwa dari aspek isi dikategorikan baik dengan persentase skor 88,3%, dari aspek pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase skor 85,5% dan dari aspek media dikategorikan baik dengan persentase skor 87,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 12 Oct 2012 03:56
Last Modified: 29 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6528

Actions (login required)

View Item View Item