ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Rohmatulloh, Luthfi (2019) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB III.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_Lampiran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan menjadi perhatian utama bagi setiap sekolah. Mutu mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Selama ini kendala penyelenggara pendidikan mengarah pada satu lingkaran sistem dalam rangka proses transfer pengajaran. Salah satu penyebabnya adalah belum mempunyai manajemen yang bagus dan pengelolaan yang belum profesional. Mengingat pentingnya peran manajemen, maka sekolah harus mempunyai manajemen yang baik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan platform sistem informasi manajemen pembelajaran siswa untuk mengatasi permasalahan pengelolaan pembelajaran sehingga akan meningkatkan kualitas pembelajaran; (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan melakukan pengujian menggunakan model ISO 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan perangkat lunak Rational Unified Process (RUP) yang memiliki 4 tahapan yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Pengujian dilakukan menggunakan standar ISO 25010 pada karakteristik functional suitability, usability, reliability, performance efficiency dan maintainability. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sistem informasi manajemen pembelajaran siswa untuk membantu pengelolaan pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. (2) sistem telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 pada karakteristik functional suitability sebesar 1 (semua fitur berhasil diimplementasikan), karakteristik usability sebesar 87,2% (sangat layak) dan nilai alpha cronbach sebesar 0,955 (excellent), karakteristik reliability memiliki successful sessions sebesar 100%, successful pages sebesar 100%, dan successful hits sebesar 100%, karakteristik performance efficiency memiliki page speed sebesar 99,72%, Yslow sebesar 93,96%, dan load time sebesar 1,49 detik, dan aspek maintainability dengan maintainability index sebesar 100 (sangat mudah dirawat) dan complexity sebesar 2,35 (program berisiko rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi manajemen, pembelajaran, RUP, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:34
Last Modified: 13 Aug 2019 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65215

Actions (login required)

View Item View Item