Rohmatulloh, Luthfi (2019) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1_Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
3_BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB III.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
6_BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
7_BAB V.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
8_Daftar Pustaka.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
9_Lampiran.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan menjadi perhatian utama bagi setiap sekolah. Mutu mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Selama ini kendala penyelenggara pendidikan mengarah pada satu lingkaran sistem dalam rangka proses transfer pengajaran. Salah satu penyebabnya adalah belum mempunyai manajemen yang bagus dan pengelolaan yang belum profesional. Mengingat pentingnya peran manajemen, maka sekolah harus mempunyai manajemen yang baik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan platform sistem informasi manajemen pembelajaran siswa untuk mengatasi permasalahan pengelolaan pembelajaran sehingga akan meningkatkan kualitas pembelajaran; (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan melakukan pengujian menggunakan model ISO 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan perangkat lunak Rational Unified Process (RUP) yang memiliki 4 tahapan yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Pengujian dilakukan menggunakan standar ISO 25010 pada karakteristik functional suitability, usability, reliability, performance efficiency dan maintainability. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sistem informasi manajemen pembelajaran siswa untuk membantu pengelolaan pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. (2) sistem telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 pada karakteristik functional suitability sebesar 1 (semua fitur berhasil diimplementasikan), karakteristik usability sebesar 87,2% (sangat layak) dan nilai alpha cronbach sebesar 0,955 (excellent), karakteristik reliability memiliki successful sessions sebesar 100%, successful pages sebesar 100%, dan successful hits sebesar 100%, karakteristik performance efficiency memiliki page speed sebesar 99,72%, Yslow sebesar 93,96%, dan load time sebesar 1,49 detik, dan aspek maintainability dengan maintainability index sebesar 100 (sangat mudah dirawat) dan complexity sebesar 2,35 (program berisiko rendah).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem informasi manajemen, pembelajaran, RUP, ISO 25010 |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 03:34 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 03:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65215 |
Actions (login required)
View Item |