Motif Kain Tenun Tapis Inuh Lampung dan Implementasinya pada Pembelajaran Ragam Hias Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Siswa SMP

Hantari, Dewinta Widhi (2019) Motif Kain Tenun Tapis Inuh Lampung dan Implementasinya pada Pembelajaran Ragam Hias Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Dewinta Widhi Hantari-16724251002-P. Seni-min.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap fungsi kain tenun tapis inuh dalam tradisi budaya Lampung, (2) mendeskripsikan makna yang terkandung dalam motif kain tenun tapis inuh Lampung, (3) implementasi motif kain tenun tapis Inuh sebagai pembelajaran ragam hias berbasis seni Nusantara untuk siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian tapis inuh. Obyek material berupa motif ornamen kain dan obyek formal berupa makna dari masing-masing motif yang dikenakan sesuai kedudukannya. Sumber data primer diambil dari dokumen berupa buku dan gambar atau kain tapis inuh. Sumber data skunder diperoleh dari wawancara beberapa tokoh. Analisis data dengan mengkompilasikan data primer dengan data sekunder setelah diadakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) fungsi tapis inuh dalam tradisi budaya Lampung adalah untuk mengantarkan anggota keluarga melaksanakan prosesi adat setiap siklus kehidupan, misalnya pada upacara perkawinan, pengangkatan gelar, dan sebagai hiasan dinding penanda status sosial dalam tradisi adat Lampung. (2) makna motif tenun tapis inuh adalah cermin sifat masyarakat Lampung, simbol doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan perlambangan roh nenek moyang. (3) Pembelajaran ragam hias berbasis tapis inuh sebagai wujud nyata pelestarian budaya lokal dalam pengenalan karya seni rupa, yaitu motif tapis inuh. Selain sebagai upaya pelestarian kearifan budaya lokal, pembelajaran ragam hias berbasis motif tapis inuh memudahkan siswa dalam memahami materi. Kata Kunci : budaya Lampung, motif, tapis inuh.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:24
Last Modified: 06 Aug 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65088

Actions (login required)

View Item View Item