PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN GAMBAR SERI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK TK KELOMPOK A

Ni'mah, Charirotun (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN GAMBAR SERI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK TK KELOMPOK A. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Charirotun Ni'mah_08105241038.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media papan gambar seri yang menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak TK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menggunakan prosedur langkah-langkah dari Borg and Gall. Langkah pertama yaitu studi pendahuluan yaitu analisis kebutuhan pembelajaran. Tahap yang kedua merencanakan dan menyusun rancangan produk yang akan dikembangkan. Tahap ketiga pengembangan media dan menyusun instrumen. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian untuk ahli dan lembar observasi untuk anak. Setelah melalui tahap pembuatan media dan divalidasi oleh ahli, selanjutnya media diujicobakan kepada anak kelompok A. Uji coba ini melalui tiga tahap yaitu uji cobangan lapangan awal dengan 3 subyek, uji coba lapangan utama 15 subyek, dan uji coba lapangan opersional 30 subyek. Uji coba pada penelitian ini dilakukan di TK ABA Taruna Minomartani, Depok, Sleman. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan wawancara, serta data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis isi. Hasil pengembangan berupa media papan gambar seri yang menarik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukan bahwa media papan gambar seri pada uji ahli media dan ahli materi dinilai layak. Pada uji coba lapangan awal media ini dinilai layak. Pada uji coba lapangan utama media ini dinilai layak ( 90,3% ) dan pada saat uji coba lapangan operasional dinilai layak (94,3% ). Pada aspek kemampuan berbicara anak sebelum menggunakan media dinilai cukup baik dengan skor (77% ) dan setelah menggunakan media papan gambar seri kemampuan berbicara anak mengalami perubahan yaitu pada uji coba lapangan utama kemampuan berbicara anak dinilai baik (85,5% ) dan pada saat uji coba lapangan operasional kemampuan berbicara dinilai baik (93,7% ). Hasil penelitian menunjukan bahwa media papan gambar seri sudah layak sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak TK kelas A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 04 Oct 2012 08:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item