PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG SISWA KELAS I SD NEGERI SODITAN I LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Wardhani, Viorenita Kusuma (2012) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG SISWA KELAS I SD NEGERI SODITAN I LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Viorenita Kusuma Wardhani.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan dan hasil penguasaan kosakata bahasa Indonesia menggunakan media permainan teka-teki silang siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Soditan I Lasem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Soditan I Lasem yang berjumlah 38 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Soditan I Lasem. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes penguasaan kosakata dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan tingkat keberhasilan siswa. Hasil tes digunakan sebagai data primer, sedangkan dokumentasi, observasi, dan catatan lapangan digunakan sebagai data pendukung yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakannya media teka-teki silang, penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan, menumbuhkan semangat dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia, hasil tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada kondisi awal mencapai 27,10 dengan persentase kelulusan 0%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi 56,84 dengan persentase kelulusan sebesar 44,73% meningkat dari kondisi awal 0%, dan rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi 78,42% dengan persentase ketuntasan sebesar 89,47%, yaitu meningkat sebanyak 44,47% dari siklus I. Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari kondisi awal ke siklus I sebanyak 17 siswa dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 34 siswa. Kata kunci : penguasaan kosakata, media teka-teki silang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6489

Actions (login required)

View Item View Item