UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS V SD N 3 BOTOMULYO CEPIRING KENDAL

Prabowo, Punto Aji (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS V SD N 3 BOTOMULYO CEPIRING KENDAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Punto Aji Prabowo.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak pada pelajaran bahasa Indonesia menggunakan media video siswa kelas V SD N 3 Botomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 3 Botomulyo yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SD N 3 Botomulyo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes kemampuan menyimak cerita anak, dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk menghitung rata-rata dan tingkat keberhasilan siswa. Hasil tes dan hasil observasi sebagai data primer, sedangkan dokumentasi sebagai data pendukung dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakannya media video, kemampuan menyimak cerita anak mengalami peningkatan. Hasil peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada kondisi awal hanya mencapai 63,89 dengan persentase ketuntasan sebesar 23,23%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi 70,62 dengan ketuntasan 55,17% yaitu meningkat sebesar 31,94% dari kondisi awal, dan rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi 77,89 dengan ketuntasan sebesar 82,75% yaitu meningkat sebanyak 27,58% dari siklus I. Peningkatan kemampuan menyimak cerita anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat dari jumlah siswa yang nilainya sudah mencapai KKM dari kondisi awal ke siklus I sebanyak 16 siswa dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 24 siswa. Kata kunci: kemampuan menyimak, cerita anak, dan media video.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item