PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME (RPG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM OPERASI KOMPUTER DI SMK 2 MUHAMMADIYAH KLATEN UTARA

Sudrajat, Agus (2019) PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME (RPG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM OPERASI KOMPUTER DI SMK 2 MUHAMMADIYAH KLATEN UTARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Sistem Operasi berbasis game dengan genre role playing game dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Sistem Operasi berbasis game dengan genre role playing game untuk SMK 2 Muhammadiah Klaten Utara. Pembelajaran dengan menggunakan role palying game, diharapkan dapat menambah motivasi siswa untuk belajar. Role Playing Game akan dikembangkan menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 10 tahap, yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk utama, uji coba utama, revisi produk operasional, uji coba operasional, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan Role Playing Game adalah RPG Maker VX Ace. Kelayakan dari Role Playing game yang telah dikembangkan akan dinilai oleh tim ahli media, tim ahli materi, dan siswa. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dengan bantuan 20 siswa kelas X sebagai responden. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuisioner. Data yang diperoleh akan disesuaikan nilainya berdasarkan skala likert. Untuk menguji fungsionalitas dari role playing game, dilakukan blak box testing. Hasil Penelitian ini adalah media pembelajaran dibuat dengan menggunakan Rpg Maker VX Ace. Hasil pengujian black box menyatakan bahwa semua fungsi yang disediakan telah berfungsi dengan baik. Hasil perhitungan persentase kelayakan untuk ahli media adalah sebesar 85% yang temasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan persentas kelayakan untuk ahli materi adalah sebesar 81.81% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan persentase kelayakan user pada validasi siswa adalah sebesar 87.63% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil pengujian dan perhitungan persetase di atas, role playing game yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Role Playing Game, Research and Development, kelayakan, sistem operasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:12
Last Modified: 24 Jul 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64726

Actions (login required)

View Item View Item