IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKRO 3 SMKN 2 YOGYAKARTA

Purnomo, Lukman Budhi (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKRO 3 SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HAL JUDUL s.d. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif, 2) untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain Kemmis & Mc Taggart. Desain Kemmis & Mc Taggart terdiri dari tahap perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 32 siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: 1) keaktifan belajar siswa sekurangkurangnya 51%, 2) ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya 75%. Teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan data keaktifan belajar siswa sebesar 60,71% pada siklus I dan 62,67% pada siklus II. 2) Implementasi model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,48 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85,2% pada siklus I dan rata-rata kelas sebesar 91,56 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,5% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 May 2019 00:42
Last Modified: 10 May 2019 00:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63786

Actions (login required)

View Item View Item