PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR FLAME, SENSOR SOUND MICROPHONE, DAN PRESSURE SENSOR MPX7002DP UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK SENSOR DAN TRANDUSER

Budi M., Rizky Hadi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR FLAME, SENSOR SOUND MICROPHONE, DAN PRESSURE SENSOR MPX7002DP UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK SENSOR DAN TRANDUSER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran sensor Flame, Sound Microphone, dan sensor Pressure MPX7002DP pada mata kuliah praktik sensor dan tranduser. Mengetahui unjuk kerja dan tingkat kelayakan media pembelajaran sensor Flame, Sound Microphone, dan sensor Pressure MPX7002DP pada mata kuliah praktik sensor dan tranduser. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate) dari Robert Maribe Branch. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika angkatan 2017. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan empat skala Linkert dan voltmeter digital. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian meliputi: (1) Rancang media pembelajaran terdiri input, kontroler, dan output. Bagian input yaitu sensor Flame, Sound Microphone, dan Pressure sensor MPX7002DP. Kontroler yang digunakan adalah Arduino Uno serta menggunakan LCD karakter 16x2, voltmeter digital, dan LED pada bagian output. (2) Unjuk kerja dari media pembelajaran sensor Flame, Sound Microphone, dan Pressure sensor MPX7002DP dapat berfungsi dengan baik. Sensor Flame bekerja dengan presentase error 6,35%. Sensor Sound Microphone bekerja dengan presentase error 6,41%. Sensor Pressure MPX7002DP bekerja dengan presentase error 6,93%. (3) Penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna. Hasil penilaian tingkat kelayakan oleh ahli materi mendapatkan nilai 88,54% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian tingkat kelayakan ahli media mendapatkan nilai 86,06% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil Penilaian Pengguna mendapatkan nilai 81,9% dengan kategori “Layak”. Penilaian tersebut menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelejaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sensor Flame, sensor Sound Microphone, Sensor Pressure MPX7002DP
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62860

Actions (login required)

View Item View Item