Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT dan STAD Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Se Kecamatan Salam.

Karim, Indah Mutiatul (2018) Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT dan STAD Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Se Kecamatan Salam. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indah-mutiatul-karim-15712251026.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD terhadap motivasi belajar (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD terhadap hasil belajar (3) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi dan hasil belajar tematik integratif siswa kelas IV SD Se Kecamatan Salam. (4) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar tematik integratif siswa kelas IV SD Se Kecamatan Salam. (5) Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD terhadap motivasi dan hasil belajar tematik integratif siswa kelas IV SD Se Kecamatan Salam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental research) dengan rancangan pretest-pottest nonequivalent group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Se Kecamatan Salam. Tiga kelas ditentukan secara acak untuk dijadikan sampel dalam menerapkan model TGT, model STAD, dan model konvensional. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas IVA SDN Salam 1 yang menerapkan model kooperatif tipe TGT dengan siswa sebanyak 21 siswa. Kelas IVB yang menerapkan model kooperatif STAD. Kedua kelas ini masing-masing siswa sebanyak 21 siswa di kelas IVA dan 22 siswa di kelas IVB (n1=21 dan n2=22) dan kelas IVA SDN Jumoyo 2 sebagai kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional diskusi, tanya jawab dan penugasan berjumlah 20 siswa (n=20). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar adalah angket motivasi dan data hasil belajar digunakan tes. Data instrument motivasi belajar dan hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan penerapan model kooperatif TGT dan STAD terhadap motivasi belajar dengan Fhitung sebesar 14,108 dan sig ≤ 0,05; (2) ada pengaruh signifikan penerapan model kooperatif TGT dan STAD terhadap hasil belajar dengan Fhitung sebesar 122,463 dan sig ≤ 0,05; (3) ada pengaruh signifikan penerapan model kooperatif TGT terhadap motivasi dan hasil belajar dengan dengan Fhitung sebesar 23,271 dan sig. ≤ 0,05. (4) ada pengaruh signifikan penerapan model kooperatif STAD terhadap motivasi dan hasil belajar dengan dengan Fhitung sebesar 9267 dan sig. ≤ 0,05. (5) ada perbedaan pengaruh signifikan penerapan model kooperatif TGT dan STAD terhadap motivasi dan hasil belajar dengan dengan Fhitung sebesar 3,976 dan sig. ≤ 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TGT, STAD, motivasi belajar, dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2019 07:18
Last Modified: 09 May 2019 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62801

Actions (login required)

View Item View Item