Pembelajaran Program Full Day School di SD Muhammadiyah Gunungpring.

Handani, Dita Febri (2018) Pembelajaran Program Full Day School di SD Muhammadiyah Gunungpring. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dita-febri-handani-14712251075.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan: (1) konsep program full day school, (2) pembelajaran full day school berdasarkan konsep pendidikan gaya bank Paulo Freire di SD Muhammadiyah Gunungpring, (3) reaksi siswa terhadap pembelajaran full day school berdasarkan konsep pendidikan gaya bank Paulo Freire di SD Muhammadiyah Gunungpring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ethnografi. Unit analisis berupa kegiatan pembelajaran di kelas serta kegiatan di luar pembelajaran di SD Muhammadiyah Gunungpring. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Muhammadiyah Gunungpring. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Program full day school merupakan program sekolah yang berlangsung dari pagi hingga sore hari karena diberi tambahan materi yang sesuai dengan tujuan pendidikan sekolah tersebut. (2) Terjadi praktik pembelajaran dominatif dalam full day school di SD Muhammadiyah Gunungpring. Praktik dominasi ditunjukkan dalam metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru menjadi sumber utama ilmu pengetahuan di sekolah. Guru menetapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi siswa sehingga aturan siswa tersebut mampu mendisiplinkan dan menyeragamkan pikiran siswa. Praktik dominatif di sekolah full day juga berdampak pada kurangnya kreativitas siswa. Siswa lebih menyukai bentuk penilaian yang praktis dan mudah sehingga siswa tidak memiliki pandangan kritis terhadap suatu permasalahan yang ada. Terjadi pendisiplinan terhadap pikiran siswa. (3) Terjadi berbagai reaksi siswa terhadap pembelajaran di full day school di SD Muhammadiyah Gunungpring. Siswa diharapkan tunduk dan patuh terhadap aturan-aturan yang diberikan di sekolah. Namun, pada kenyataannya terdapat berbagai perilaku kritis siswa, sehingga tidak semua siswa patuh dan tunduk terhadap aturan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan gaya bank, dominasi, pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:24
Last Modified: 09 May 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62410

Actions (login required)

View Item View Item