Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sendangadi Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta

Nurhasana, Putri Dewi (2018) Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sendangadi Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
putri dewi nurhasana.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran IPS berbasis macromedia flash untuk kelas IV SD Negeri Sendangadi yang layak, dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran IPS berbasis macromedia flash untuk kelas IV SD Negeri Sendangadi. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangannya meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan rancangan produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; (10) desiminasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Sendangadi Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, validasi produk, angket respon guru dan siswa, angket minat, angket motivasi dan hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan rumus Hotelling’s Trace taraf signifikansi 5%. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran IPS berupa media pembelajaran interaktif yang berbasis macromedia flash. Media pembelajaran IPS berbasis macromedia flash sangat layak digunakan berdasarkan penilaian validator dan hasil uji coba di sekolah. Produk yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sendangadi. Perbedaan niali signifikansi uji Hotelling’s Trace yaitu 0,000 < 0,05 untuk uji beda kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, media pembelajaran IPS berbasis macromedia flash layak dan efektif untuk meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: media pembelajaran, IPS, macromedia flash, motivasi, minat, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:25
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62386

Actions (login required)

View Item View Item